Selasa, 10 November 2009

Cara setting HSDPA Telkomsel dengan modem eksternal


Buat kawan-kawan yang lebih berminat menggunakan USB stick eksternal modem untuk ber-internet ria, tapi masih bingung bagaimana instalasinya. Atau mungkin malas dibawa ke service officer masing-masing operator selular. Nih, sedikit informasi cara setting di modem eksternal tentunya dengan mengunakan fasilitas Mobile Partner yang telah tersedia didalam memori stick USBnya.



Tapi yang ini khusus buat pelanggan Telkomsel Pra-Bayar ( Simpati, As ), hehe... Langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah :

A. Instalasi hardware

  1. Pasang kartu/chip selular Pra-Bayar Anda pada slot yang tersedia di Usb stik modem
  2. Pasang/ tancapkan dengan lemah lembut USB stick modem Anda ke port usb PC ( desktop/ laptop). Pastikan didalam Usb stick tersebut terdapat beberapa aplikasi mentahan (driver, progam) yang bersifat autorun, atau berupa files ekstensi yang siap dieksekusi untuk di install pada windows Anda.
  3. Instal manual/ autorun driver modem eksternal Anda. Setiap anda memasang Usb stick pasti akan diminta kembali untuk menginstal driver tersebut. Tentunya Anda bisa mengerti sendiri kan? hehe..
  4. Instal manual/ autorun aplikasi Mobile Partner, sebagai fasilitas untuk setting konfigurasi dan monitoring jaringan 3G/2G ( HSDPA, UMTS/WCDMA, E/GPRS, GSM ) yang Anda gunakan. Bahkan berfungsi juga untuk kontrol mengirim dan menerima SMS, kontrol kontak nama (phonebook) dari kartu/ ruim card yang ada pada modem tersebut
B. Setting Konfigurasi
Untuk bahasan ini setting konfigurasi hanya berlaku pada penggunaan Kartu Pra-Bayar Telkomsel ( Simpati/ AS ) atau lebih bersifat Volume Based. Yang perlu diperhatikan hanya pada setting koneksivitas :
  1. Pastikan Mobile Partner telah terinstal. Jika sudah, cek dan masuk ke menu bar 'Tools', pilih 'Option' kemudian pilih 'Profile Mangement' untuk setting konfigurasinya. (Tools >Option >Profile Management )
  2. Anda bisa langsung memilih Edit atau New untuk membuat konfigurasi baru yang nantinya sebagai setting koneksivitas internet dial-Up Anda.
  3. Masukkan 'telkomsel' sebagai nama profil ( Profile name ).
  4. Pilih APN sebagai 'Static', dan isi APN dengan 'internet'.
  5. Pada kolom identitas ( Authentication ), isi Access Number dengan *99#. sedangkan yang lainnya (username, password) dikosongi saja.
  6. Eiit..jangan keburu di OK bos ! Kalau memang Anda bukan tipe 'multi-operator', suka gonta-ganti chip/ kartu selular bermacam operator karena alasan jaringan yang lebih kuat atau tarif data yang lebih murah. Maka, jadikan setting yang telah Anda buat tadi sebagai standart saat akan melakukan koneksi internet. Jadi jangan lupa pilih 'set as default' untuk setting yang telah dibuat, kemudian tekan OK.
  7. Setelah setting tadi tersimpan dan kembali ke menu utama. Anda tinggal melanjutkan dengan memilih Connect dan tunggu prosesnya sampai koneksi tersambung.
Jika masih terjadi kegagalan koneksi. Mungkin Anda perlu melakukan restart untuk Mobile Partner-nya. Jika masih belum juga bisa, coba untuk melakukan replace kartu selular yang digunakan sebagai chip pada Modem Eksternal Usb Stick Anda.


Semoga bermanfaat,,, Jangan khawatir.. posting ini pasti akan segera di update jika ada informasi terbaru dari teman-teman di Telkomsel. Hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar